DMC Mendukung Penambahan Bahan Alternatif Pengganti AGP

DMC Mendukung Penambahan Bahan Alternatif Pengganti AGP

Dengan mulai berlakunya pelarangan AGP, banyak peternak khawatir mengenai ayam yang akan lebih mudah sakit, performa produksi turun, dan biaya produksi yang akan meningkat. Kekhawatiran tersebut dapat dicegah dengan melakukan beberapa strategi yang efektif dan efisien, salah satunya adalah dengan menambahkan alternatif pengganti AGP yang dilakukan oleh feedmill.
Para peternak tentunya harus mulai berpikir apa saja bahan-bahan yang cocok untuk menggantikan AGP dalam pakan ayamnya. Dan berikut ini kami bagikan beberapa jenis bahan alternatif yang dapat digunakan untuk pengganti AGP tersebut :

Probiotik dan Prebiotik
Probiotik adalah bakteri menguntungkan (Lactobacillus spp, Enterococcous faecium dan ragi) yang berfungsi sebagai penyeimbang bakteri di saluran pencernaan ayam dengan melakukan kolonisasi bakteri menguntungkan dan pengasaman pada mukosa saluran pencernaan sehingga populasi bakteri patogen dapat berkurang. Probiotik juga dapat meningkatkan efisiensi nutrisi pada pakan dan mengeringkan kotoran ayam, sehingga sekam lebih kering dan jumlah lalat akan berkurang. Sedangkan Prebiotik (Oligosacarida) merupakan media yang dibutuhkan bakteri probiotik dalam saluran pencernaan supaya dapat bekerja lebih optimal.

Asam Organik
Asam organik meliputi asam butirat, asam propionat, asam format, asam benzoat, dan asam laktat. Fungsinya untuk mengatur kondisi pH (tingkat keasaman) saluran pencernaan agar jumlah bakteri patogen dapat ditekan karena bakteri patogen mudah mati disuasana asam.

Enzim
Enzim (NSP dan Protease) berperan membantu memecah partikel bahan baku yang sulit dicerna, sehingga sistem pencernaan dan produktivitas ayam menjadi lebih baik. Apabila pakan sulit dicerna, pasase pakan akan lambat dan hal ini menyebabkan bakteri patogen mudah berkembang.

Phytogenic (Ekstrak Tanaman)
Phytogenic atau disebut phytobiotic merupakan produk turunan tanaman yang berfungsi untuk meningkatkan kecernaan, penyerapan nutrisi, dan eliminasi bakteri patogen yang ada dalam saluran pencernaan.

Minyak Esential (Thymol, Eugenol, dan Piperine)
Thymol dan Eugenol dapat merusak dinding sel bakteri patogen, sehingga bakteri patogen berhenti memperbanyak diri dan pada akhirnya mati. Sedangkan Piperine berfungsi merangsang peningkatan sekresi enzim pencernaan utama yaitu lipase, amilase, dan tripsin.

DMC memiliki teknologi mesin yang mendukung terhadap penambahan bahan – bahan di atas, sehingga produk pakan kami dapat menunjang kesehatan ayam di era pelarangan penggunaan AGP.

Customer Care Division
PT. Dinamika Megatama Citra